makalah lembaga ekonomi - BUSTAMI
Headlines News :

bustami

Home » » makalah lembaga ekonomi

makalah lembaga ekonomi

Written By Ta Mi on Rabu, 03 Agustus 2011 | 03.04


BAB I

1.1.             Latar Belakang Lembaga Ekonomi
Lembaga ekonomi lahir sebagai suatu usaha manusia menyesuaikan diri dengan alam sekitar atau dengan mengeksplotasi untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka. Pada awalnya manusia semata-sematahanya bergantung pada hewan liar, tumbuh-tumbuhan dan buah-buahan untuk dimakan.

            Lembaga ekonomi merupakan bagian dari lembaga sosial yang berkaitan dengan pengaturan dalam bidang-bidang ekonomi dalam rangka mencapai kehidupan yang sejahtera. Lembaga social adalah himpunan norma dari segala tingkatan yang berkisar pada suatu kebutuhan pokok dalam kehidupan masyarakat .Lembaga ekonomi ialah pranata yang mempunyai kegiatan bidang ekonomi demi terpenuhinya kebutuhan masyarakat.

Ada beberapa sistem perekonomian, di antaranya adalah :
1. system ekonomi komunis,
2. system ekonomi kapitalis dan
3. system ekonomi pancasila.











BAB II

2.1.            Lembaga Ekonomi
            Menurut Jonhson ( 1996 ) institusi ekonomi adalah suatu set ide ( ilmu pengetahuan ) yang berhubungan dengan barang dan pelayanan yang di hasilkan, di bagikan dan di gunakan dalam masyarakat.. Lembaga ekonomi pada dasarnya menangi masalah produksi, distribusi dan konsumsi baik berupa barang maupun jasa. Dengan demikian, lembaga ekonomi memegang tiga fungsi utama, yaitu:
          1.  Memproduksi barang dan jasa yang di butuhkan dalam kehidupan masyarakat.
          2. Mengatur pendistribusian barang atau jasa kepada masyarakat yang membutuhkan.
          3. Mengatur penggunaan atau pemakaian barang atau jasa dalam kehidupan masyarakat.
Fungsi lain dari  lembaga ekonomi adalah :
• Memberi pedoman untuk mendapatkan bahan pangan
• Memberi pedoman untuk barter dan jual beli barang
• Memberi pedoman untuk menggunakan tenaga kerja dan cara pengupahan
• Memberi pedoman tentang cara pemutusan hubungan kerja
• Memberi identitas diri bagi masyarakat

Bedaasarkan atas uraian di atas, maka lembaga ekonomi dapat di artikan sebagai lembaga sosial yang menangi masalah pemenuhan kebutuhan material dengan cara mengatur pengadaan barang atau  jasa. Menyalurkan barang atau jasa, dan mengatur pemakaian barang atau jasa yang diperlukan bagi kelangsungan hidup masayarakat sehingga semua lapisan masyarakat mendapatkan barang atau jasa sebagaimana yang diperlukan.

Kegiatan produksi berkaitan dengan system mata pencaharian masyarakat, seperti: pertanian, pertenakan, kerajinan, perindustrian, perikanan dan lain sebagainya. Kegiatan distribusi barang maupun jasa dapat dilakukan melalui tiga cara, yaitu:
1. Reprositas atau hubungan timbal balik, yaitu pertukaran barang dan jasa yang memiliki nilai yang sama antara kedua belah pihak.
2. Redistribusi, yaitu perukaran kembali barang dan jasa yang sudah masukpada suatu tempat tertentu di pasar, took, swalayan, dan sebagainya untuk kemudian barang-barang tersebut di distribusikan kembali kepada masyarakat yang membutuhkan, dan
3. pertukaran pasar, yaitu, pertukaran barang yang dilakukan oleh orang yang satu dengan orang yang lainnya berdasarkan tawar menawar harga yang disepakati bersama.

         Kegiatan konsumsi merupakan kegiatan masyarakat yang memakai barang atau jasa dalam rangka melangsungkan kehidupannya. Dalam kegiatan konsumsi ini terdapat perbedaan nyataantara struktur masyarakat yang masih sederhana dengan struktur masyarakat yang sudah maju dan kompleks. Pada masyarakat yang masih sederhana kegiatan produksi, distribusi, maupun konsumsi masih berlangsung secara sederhana, yakni sebatas pada kebutuhan lingkungannya sendiri yang masih terbatas. Adapun masyarakat yang sudah maju akan memproduksi barang melebihi kapasitas lingkungan sekitarnya. Kelibihan (surplus) barang-barang tersebut akan didistribusikan kepada masyarakatlain diluar lingkungannya. Sebaliknya, jika terdapat barang yang tidak diproduksi oleh masyarakat lingkungannya mereka akan mendatangkan barang yang di hasilkan oleh masyarakat lain. Perlu diketahui di dunia ini terdapat beberapa system perekonomian yang berbeda satu sama lain.beberapa perekonomian tersebut di antaranya adalah system ekonomi komunis, system ekonomi kapitalis dan system ekonomi pancasila.

1. Sistem Ekonomi Kapitalis
               Kapitalisme merupakan system ekonomi yang di kondisikan sedimikian rupa sehingga terjadi suatu kebebasan berkontrak, kebebasan keuntungan dan pemilikan pribadi, kebebasan melakukan akumulasi modal dan investasi, terdapat mekanisme system upah, mekanisme system pasar yang sangat ditentukan oleh penawaran dan permitaan, dan adanya persaingan bebas. Salah satu contoh negara kapitalis terbesar saat ini adalah Amerika Serikat.  

2. Sistem Ekonomi Komunis
               Komunisme mengembangkan system perekonomian yang secara diktator di kendalikan oleh partai komunis. Dalam system ekonomi komunis rakyak sama sekali tidak memiliki sarana pengendalian yang efektif dalam kegiatan ekonomi sehingga barang dan jasa yang di produksi seperti penentuan barang dan jasa yang di produksi, penentuan harga barang dan jasa, penentuan besaran gaji pengawai, dan lain sebagainyaditentukan oleh badan yang berfungsi sebagai pesat perencanaan.

3. Sistem Ekonomi Pancasila
                Negara Indonesia merupakan system ekonomi yang khas yang di sebut dengan system ekonomi pancasila. System ekonomi pancasila merupakan system perekonomian yang bertujuan untuk mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur marerial dan spiritual. Untuk tujuan tersebut system ekonomi pancasila berlandaskan pada pasal 33 Undang-Undang Dasar 1945, yaitu:
1. Ayat 1:
 Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasrkan atas asas kekeluargaan.

2. Ayat 2:
Cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara.

3. Ayat 3:
Bumi, air, dan kekayaan alam terkandung di dalamnya di kuasai oleh negara dan dipergunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat. Pasal 33 UUD ’45 di atas sesungguhnya merupakan suatu system demokrasi ekonomi yang mengutamakan kemakmuran rakyak, bukan kemakmuran perorangan atau golongan tertentu. Itulah sebabnya system ekonomi pancasila disusun sebagai usaha berdasarkan atas asas kekeluargaan. Lembaga ekonomi pancasila yang sesuai dengan system ekonomi pancasila adalah koperasi.


BAB III
Kesimpulan :

1.  Lembaga ekonomi berfungsi :
1.      Memproduksi barang dan jasa,
2.      Mengatur pendistribusian barang atau jasa dan
3.      Mengatur penggunaan atau pemakaian barang atau jasa dalam kehidupan masyarakat.

2. Kegiatan distribusi barang maupun jasa dapat dilakukan melalui tiga cara, yaitu:
1.      Reprositas atau hubungan timbal balik.
2.      Redistribusi, dan
3.      pertukaran pasar.

3.      Sistem ekonomi di bagi tiga :
1.      System ekonomi kapitalis
2.      System ekonomi komunis
3.      System ekonomi pancasila









Daftar Pustaka
Sunarto, Kamanto. 1985. Pengantar Sosiologi : Sebuah Bunga Rampai. jakarta: Yayasan Obor Indonesia
Ritzer, George dan Douglas J. Goodman, Teori Sosiologi Modern, Jakarta: Prenada Media, Kencana, cet.I, 2003.
Sumber:
1. Sosiologi Esis: Kun Maryati
2. www.antara.co.id
3. www.pinara.net
4. www.beritasore.com
5. Kompas

Share this article :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. BUSTAMI - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger